Didik Solikin

Didik Solikin

Beredar foto dan berita secara viral di internet mengenai foto penampakkan hantu wanita yang tertangkap oleh kamera saat dilakukan razia oleh polisi di tempat karaoke Pop City di daerah Probolinggo pada hari Jumat 29 Desember 2017. Berita ini kemudian berkembang dimasyarakat bahkan dibumbui dengan hal mistis seperti wanita yang berada di dalam foto tersebut menggunakan susuk sehingga saat diambil fotonya, mukanya berubah menjadi seram seperti makhluk halus.

Sumbet: INTERNET

PENJELASAN
Foto yang diambil di tempat karaoke pop City tersebut adalah asli bukan palsu dan tidak ada unsur editan berdasarkan informasi yang diberikan oleh Kasat Narkoba Polres Probolinggo AKP Dodik Wibowo.

Selain itu Kapolres Probolinggo Kota AKBP. Alfian Nurrizal, S.H., S.IK.,M.Hum., menjelaskan bahwa foto tersebut memang asli namun bukan penampakan makhluk astral seperti yang santer di media sosial. Lebih lanjut beliau menjelaskan jika Sdri. YN menggunakan semacam kerudung seperti selambu warna hitam dengan motif bunga yang tampak tembus pandang. Saat dilakukan razia dan difoto, kain itu digunakan untuk menutupi wajahnya. Sedangkan mata yang menyala akibat dari flash lampu HP yang digunakan untuk memotret berdasarkan informasi yang dikutip dari Website resmi Polres Probolinggo kota.

Efek mata menyala didalam dunia fotografi merupakam hal yang umum sama seperti dengan efek mata merah. Hal ini disebabkan saat menggunakan lampu kilat fotografi yang sangat dekat dengan lensa kamera (seperti pada kamera compact) dengan pencahayaan yang rendah.

Berikut ini ada foto yang lebih jelas:

Foto pemandu lagu mengenakan penutup wajah

Referensi:
1. http://www.polresprobolinggokota.info/2018/01/publik-geger-foto-penampakan-kapolresta.html
2. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Red-eye_effect

Menindaklanjuti SKB 3 Mentri yakni mentri yakni Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia tentang Hari Libur Nasional Dan Cuti Bersama, maka hari ini Selasa 2 Januari 2018 BKD melaksanakan sidak ke OPD yang ada dilingkup Pemkab Tulungagung.

Tujuan dari dilaksanakan sidak ini adalah memastikan ASN yang ada di Kabupaten Tulungagung sudah melaksanakan tugasnya masing-masing.

Adapaun sidak kali ini adalah sidak internal, yakni tidak melibatkan dari tim yang lainnya yakni Inspektorat, Pol PP dan Kominfo.

Seperti disampaikan oleh Kepala BKD Drs. Arief Boediono, MSi bahwa tim untuk sidak kali ini terdiri dari 6 tim. Adapun tiap tim melaksanakan sampling sidak di 3 OPD.

Kembali ditegaskan oleh Kepala BKD bahwa nantinya, apabila ditemukan ASN yang tidak masuk pada hari pertama masuk kerja setelah cuti bersama tahun baru 2018 maka akan ada tindak lanjut dengan membentuk Tim dari Inspektorat dan BKD untuk mencari tahu apa alasan ASN yang bersangkutan tidak masuk pada hari pertama di tahun 2018 setelah itu akan ditindak sesuai dengan PP 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Sipil.

Hak Cipta © 2020 Dinas Kominfo Kabupaten Tulungagung.